Excel
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Fungsi IF merupakan salah satu rumus Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering dibutuhkan untuk melakukan uji logika tertentu. Fungsi IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika...

Fungsi IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).

TRUE= Benar. Kondisi terpenuhi/benar.

FALSE= Salah. Kondisi tidak terpenuhi/salah.

Untuk melakukan uji logika ini, fungsi IF pada excel biasanya menggunakan operator perbandingan excel yang sudah kita kenal sebelumnya, yakni menggunakan operator =, >, >= , < atau <= dan lain sebagainya.

OPERATOR PERBANDINGAN

Dengan operator tabel di bawah ini, Anda bisa membandingkan dua nilai. Jika nilai dua dibandingkan dengan menggunakan operator ini, hasilnya adalah nilai logika TRUE atau FALSE.

Operator perbandingan

Arti

Contoh

= (tanda sama dengan)

Sama dengan

A1=B1

> (tanda lebih besar dari)

Lebih besar dari

A1>B1

> (tanda lebih kecil dari)

Kurang dari

A1<B1

>= (tanda lebih besar dari atau sama dengan)

Lebih besar dari atau sama dengan

A1>=B1

<= (tanda lebih kecil dari atau sama dengan)

Lebih kecil atau sama dengan

A1<=B1

<> (tanda tidak sama dengan)

Tidak sama dengan

A1<>B1

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI IF

Cara menggunakan fungsi excel IF atau rumus IF excel pada sebuah rumus atau formula excel adalah dengan mengikuti kaidah penulisan rumus berikut:

IF(TesLogika; [KondisiTerpenuhi]; [KondisiTidakTerpenuhi])
 
Dari sintaksis di atas dapat kita ketahui bahwa Fungsi IF pada excel memiliki tiga argumen:
TesLogika : 
Argumen ini berisi ekspresi logika yang bisa dievaluasi ke dalam nilai TRUE atau FALSE. Argumen ini merupakan kriteria acuan untuk menentukan nilai yang akan dihasilkan oleh rumus excel IF.

KondisiTerpenuhi : (Opsional) 
Nilai yang ingin kita hasilkan jika argumen TesLogika mengevaluasi ke TRUE. Argumen ini merupakan nilai yang akan dihasilkan jika kondisi terpenuhi.

KondisiTidakTerpenuhi : (Opsional) 
Nilai yang ingin kita hasilkan jika argumen TesLogika mengevaluasi ke FALSE. Argumen ini merupakan nilai jika hasil tes logika tidak terpenuhi.

.